Selamat Datang di Blog Alpha Rho

Rabu, 05 Mei 2010

Perjalanan: Erlangen, Jerman (1991)



















Kunjungan ke Erlangen, sebuah kota kecil di Jerman, selama kurang lebih sebulan, terjadi September-Oktober 1991. Menginjakkan kaki di Erlangen pas saat memasuki musim dingin. Jarak tempuh ke tempat kerja sebetulnya cukup dengan berjalan kaki, namun sehubungan dengan cuaca maka solusinya adalah dengan menyewa sepeda, seharga beberapa puluh DM untuk masa sewa sebulan.

Berakhir pekan di Erlangen dihabiskan dengan bersepeda keliling kota, atau sesekali pergi ke luar kota sekitar Erlangen seperti Nurnberg (Nuremberg), Rothernburg, dll. Juga pernah pergi ke Munich (Muenchen)untuk menikmati keramaian pesta bir tahunan 'Oktoberfest', yang terkenal dengan kekhasan gelas birnya bertakaran satu liter. Kabarnya bir yang disajikan juga khusus dibuat atau dipersiapkan untuk pesta ini, dengan warna yang memang lebih pekat dari biasanya.

Di akhir pekan 'downtown' (pusat kota) Erlangen cenderung sepi karena toko-toko hanya buka setengah hari di hari Sabtu, dan tutup total di hari Minggunya. Sehingga kalau tidak jalan-jalan ke luar Erlangen selama akhir pekan hanyalah keliling kota bergowes-ria sambil 'window shopping' yang sebenar-benarnya, karena di sepanjang pertokoan bisanya hanya melongok dari kaca etalase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar